Wednesday 18 May 2016

Perbedaan Guppy AGY (Albino German Yellow) dan AFP (Albino Full Platinum)


Hallo guppy lover's
lama tak jumpa hehehe, mangsudnya lama saya tak membuat artikel di blog ini dikarenakan sibuk dengan rutinitas packing ikan hehehe Alhamdulillah. Bagaimana kabar kalian semua, pasti sehat semua kan ?
Ok kali ini saya akan membahas artikel tentang perbedaan jenis guppy AGY atau Albino German Yellow dan AFP atau Albino Full Platinum. Mengapa saya membahas tentang masalah perbedaan jenis strain guppy ini, dikarenakan masih saja dan sering ditanyakan perbedaan kedua jenis guppy ini di forum atau grup facebook. Tak usah lama-lama mari simak artikel saya ini ya hehehe 


1. AGY (Albino German Yellow)

AGY(Albion German Yellow) sepengetahuan saya , guppy ini merupakan jenis guppy yang berasal dari garis keturunan jenis Tuxedo/Half Black, dikarenakan sebelum munculnya jenis guppy ini sudah muncul jenis tuxedo atau biasa sekarang disebutnya dengan istilah HB (Half Black). Terus mengapa guppy jenis ini muncul dengan istilah AGY (Albino German Yellow) dikarenakan ada breeder/peternak guppy dari negara Germany/Jerman yang berhasil menciptakan atau mengembangkan jenis guppy baru yang diturunkan dari jenis gen/strain tuxedo, breeder/peternak tersebut berhasil mengembangkan menjadi gen/strain albino sehingga terciptalah nama strain guppy AGY (Albino German Yellow) karena guppy jenis ini lahir di negara Germany/Jerman.
Guppy AGY (Albino German Yellow) mempunyai beberapa ciri khas yang dimilikinya. Antara Lain :
1. Memiliki ciri khas tanda tompel merah dikepala (Walaupun banyak yang beranggapan kalau guppy AGY (Albino German Yellow) yang tanpa tompel adalah memiliki kwalitas yang bagus. Tapi kalau menurut saya pribadi kembali saja pada selera masing-masing.
2. Memilki ciri khas warna bias kuning pada badan dantransparan sehingga tulang ekornya terlihat.
3. Memiliki ciri khas warna putih pada ekor dang di kombinasi warna bias kuning pada pangkal ekor.
4. Memiliki ciri khas warna tuxedo di badan .

2. AFP (Albino Full Platinum)

AFP (Albino Full Platinum) merupakan jenis guppy yang mempunyai gen pigmen platinum yang sangat kuat, terdapat pada seluruh badannya. Terus bagaimana sejarah strain ini tercipta saya sendiri masih belum paham asal usul ikan ini tercipta dikarenakan ada beberapa kosakata atau kalimat yang terdapat pada buku philip shadock yang belum saya mengerti. Namun disini sedikit akan saya sampaikan tentang jenis ini dengan sepengetahuan yang saya miliki. AFP (Albino Full Platinum) saya pertaman mengenal dan mengetahui jenis ini pada tahun 2012'an di forum kaskus dan o-fish. Ikan ini mempunyai ciri khas warna pigmen tubuhnya putih polos (sering disebut oleh kebanyakan orang mempunyai warna putih yang pekat, padahal menurut saya pribadi guppy jenis ini tidak mutlak memiliki warna putih yang pekat , namun ada kombinasi warna lain seperti biar kuning, biru dan merah. AFP (Albino Full Platinum) mempunyai ciri khas sebagai berikut :
1. Memiliki ciri khas warna full platinum pada seluruh badannya.
2. Memiliki ciri khas ketika disorot dengan lampu makan kan sedikit muncul warna kombinasi antara kuning, merah dan biru pada biasan ekornya.
3. Memiliki ciri khas tulang pangkal ekor tidak terlihat karena tertutup dengan warna platinum yang pekat pada badan guppy.

Oleh karena itu, maka akan saya jelaskan antara perbedaan guppy AGY dan AFP yaitu perbedaanya terdapat pada genetika ikan tersebut baik dari segi fisik maupun dalam segi pigmen warna, dan untu lebih jelasnya bisa baca ulang lagi mengenai materi perbedaan guppy AGY dan AFP di atas yang sudah saya tuliskan.

Jadi apabila ada kritik dan saran silahakan tulis komentar atau pendapat kalian semua di kolom komentar, dan ingan jangan 100% mempercayai tulisan saya, karean ini hanya opini pribadi yang bisa saja benar dan bisa saja kalah.

Best Regard's 
Adinesstar Tropical Fish Indonesia


4 comments

Anakan afb ane kok ada warnanya yg hitam ya.. apa wajar?

Buku yang ts maksud itu judul nya apa ya? Terimakasih 🙏

Saya pernah menyilangkan guppy micarrif & apf jdi agy

Perbedaan afp dengan afw gimana??